Tuesday 18 November 2014

5 Film Indonesia Yang Harus Ganti Judul Karena Dicekal

Pada masa demokrasi terpimpin hingga orde reformasi. Sensor terhadap media di Indonesia sangatlah ketat terutama ketika masa orde baru. Banyak film yang harus dicekal karena dianggap tidak memenuhi standar perfilman. Film-film yang kena cekal itu ada yang tertahan bertahun-tahun di meja sensor atau ditarik dari peredaran karena protes dari segolongan orang atau masyarakat. Film harus disensor berlapis-lapis melalui berbagai lembaga seperti Departemen Penerangan dan Laksusda. Bahkan pejabat publik pun dapat menghentikan pemutaran film karena alasan pribadi. Namun ada juga beberapa film yang agar dapat diproduksi dengan syarat harus mengganti judul film itu sendiri. Berikut ini 5 Film Indonesia yang harus ganti judul karena dicekal.
5 Film Indonesia Yang Harus Ganti Judul Karena Dicekal
(Sumber Gambar : Google Image oleh jejakandromeda.com)
1. Inem Babu Seksi (1976)
Film ini dicekal karena judulnya yang dianggap terlaku menghina. Akhirnya judul ini diganti menjadi Inem Pelayan Seksi.

2. Max Havelaar (1976)
Film Max Havelaar pada tahun 1976 harus menghadapi cekalan karena film tersebut bercerita mengenai Max Havelaar yang baik hati dan mulia sedangkan pengusaha pribumi "menghisap" rakyat. Hal ini dianggap dapat menyinggung hati para pengusaha pribumi. Akhirnya judul ini harus dirubah menjadi Saidjah dan Adinda.

3. Bondat Tua (1978)
Film bondat tua mendapatkan cekalan karean judulnya yang dianggap bermakna negatif. Film ini dipangkas habis-habisan dan diganti judulnya menjadi Cinta Biru

4. Koruptor, Koruptor (1978)
Film ini mendapatkan cekalan pada tahun 1978. Karena pada saat film tersebut dibuat Pak Soeharto sedang memimpin rezim orde baru. Film ini sendiri mengisahkan korupsi besar-besaran yang terjadi di Indonesia. Akhirnya film ini diganti judulnya menjadi Petualang-Petualang.

5. Kiri Kanan Ok (1989)
Film kiri kanan ok dicekal karena dianggap memberi kesan PKI. Akhirnya judul Kiri Kanan Ok  ini diganti menjadi judul Kanan Kiri Ok.

Demikian 5 film Indonesia yang harus ganti judul karena dicekal yang saya kutip dari wikipedia.org. Semoga artikel ini dapat membantu ya. :)

#Saya Mohon maaf gambar lama harus saya ganti. Saya takut nanti ada kesalahpahaman antara pembaca dan penulis.

Creatif By : Unknown | 5-Lima Blog

Terimah Kasih telah membaca artikel 5 Film Indonesia Yang Harus Ganti Judul Karena Dicekal. Yang ditulis oleh Unknown .Pada hari Tuesday 18 November 2014. Jika anda ingin sebarluaskan artikel ini, mohon sertakan sumber link asli dan aktif. Blog ini diindungi oleh DMCA.Com. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Trimakasih.

8 komentar:

Terima Kasih Untuk Kesediaannya Membaca Artikel Saya Ini. Saya Harap Sobat mau memberikan komentarnya dibawah ini. Namun, sebelum memberikan komentar, sobat blogger WAJIB membaca COMMENT POLICY

 
Copyright © . Dunia-5 - All Rights Reserved
Modified by Rizal Kaban · Powered by Blogger