Thursday 20 November 2014

5 Alternatif unik Bahan Bakar Minyak

Dengan semakin meningkatnya harga Bahan Bakar Minyak (BBM) di Indonesia maka masyarakat pun lebih memilih untuk menggunakan energi alternatif untuk dapat memenuhi kebutuhan mereka akan energi khususnya energi yang bersumber dari bahan bakar minyak. Berikut ini, ada beberapa alternatif unik bahan bakar minyak yang dapat digunakan oleh sobat semua.
5 Alternatif unik Bahan Bakar Minyak
Alternatif Bahan Bakar Minyak

1. Air

Baru-baru ini, mahasiswa dari Universitas Sumatera Utara sukses memodifikasi sepeda motor sehingga bisa menggunakan bahan bakar air. Hal ini dilakukan karena harga Bahan Bakar Minyak yang semakin mahal. Sepeda Motor yang dimodifikasi tersebut menggunakan bahan bakar bioetanol plus air. Dari uji coba yang dilakukan dimana 500 mililiter air diletakkan di jok belakang dan berdampingan dengan bioetanol di sebuah transparan menunjukkan bahwa sepeda motor tersebut dapat berjalan menembuh 300 kilometer dengan menggunakan air tersebut sebagai bahan bakarnya. 

2. Kotoran Manusia
Kotoran manusia sering dianggap sebelah mata bahkan dianggap menjijikkan oleh sebagian orang. Namun, di Inggris sebuah Bus yang dapat menampung 40 penumpang dapat berjalan menggunakan kotoran manusia. Kotoran manusia dan sampah makanan yang terdapat pada pipa-pipa kotoran akan mengghasilkan yang namanya gas biomethane. Untuk setiap 1 tangki gas yang dapat membawa bus berjalan sepanjang 305 km hanya dibutuhkan kotoran 5 manusia saja. 

3. Ekstrak Macam Tanaman dan Sayuran
Mungkin kalau alternatif ini sudah sedikit lebih sering kita dengar kan sobat. Ya, ekstrak macam tanaman dan sayuran dapat menjadi alternatif pengganti BBM yang cukup mahal saat ini. Ekstrak macam tanaman dan sayuran dapat menghasilkan Biodiesel yang dapat digunakan sebagai alternatif penggunaan BBM. Selain itu, penggunaan bahan bakar ini ramah akan lingkungan dengan emisi yang rendah. 

4. Limbah Tebu
Di tengah cukup tingginya harga BBM saat ini, alternatif yang satu ini juga dapat digunakan. Yaitu dengan memanfaatkan limbah tebu. Hal ini sudah di coba oleh Soelaiman Budi dimana ia menggunakan hasil pengolahan limbah tebu yang sudah menjadi bahan bakar bioethanol sebagai bahan bakar sepeda motornya. 1 liter bahan bakan bioethanol dapat membawa kendaraan berjalan hingga 40 km. Selain itu, bahan bakar ini juga dapat digunakan untuk menghidupkan genset dan juga bisa sebagai pengganti minyak tanah. 

5. Sampah Plastik
Banyak yang menggap sepele dengan sampah plastik. Padahal dibeberapa negara seperti Jepang, Jerman, Amerika Serikat dan beberapa negara lainnya sudah memanfaatkan sampah plastik ini menjadi sumber energi alternatif di negara mereka. Teknologi konversi sampah plastik menjadi bahan bakar minyak ini menggunakan mekanisme pirolisis. Pirolisis sendiri merupakan proses degradari termal dimana plastik dipanaskan tanpa oksigen pada suku sekitar 370-420 derajat Celsius. Yang kemudian plastiknya akan meleleh dan berubah menjadi gas sehingga rantai panjang hidrokarbon akan menjadi rantai pendek. Selanjutnya, gas tersebut harus didinginkan sehingga menjadi cairan. Cairan inilah yang akan menjadi bahan bakar minyak yang hampir mirip seperti minyak tanah, bensin dan solar.

Itu dia tadi 5 alternatif unik Bahan Bakar Minyak (BBM) yang dapat digunakan untuk mengatasi cukup tingginya harga BBM saat ini yang saya kutip dari beberapa sumber. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua ya. Jangan lupa di share dengan yang lain ya :)

Creatif By : Unknown | 5-Lima Blog

Terimah Kasih telah membaca artikel 5 Alternatif unik Bahan Bakar Minyak. Yang ditulis oleh Unknown .Pada hari Thursday 20 November 2014. Jika anda ingin sebarluaskan artikel ini, mohon sertakan sumber link asli dan aktif. Blog ini diindungi oleh DMCA.Com. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Trimakasih.

0 komentar:

Post a Comment

Terima Kasih Untuk Kesediaannya Membaca Artikel Saya Ini. Saya Harap Sobat mau memberikan komentarnya dibawah ini. Namun, sebelum memberikan komentar, sobat blogger WAJIB membaca COMMENT POLICY

 
Copyright © . Dunia-5 - All Rights Reserved
Modified by Rizal Kaban · Powered by Blogger